Senin, 07 Juli 2014

LOMBA CERITA TAHUN 2014 : MINAT TERHADAP LEGENDA LOKAL MENINGKAT


Tanggal  19 Juni 2014 yang lalu, telah diadakan Lomba Cerita Tingkat Kabupaten Wonosobo Tahun 2014 yang merupakan kegiatan rutin Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo dalam rangka meningkatkan minat baca dan tulis. Selain itu juga diharapkan dengan adanya acara ini kunjungan masyarakat ke perpustakaan terus meningkat dalam waktu ke waktu.

Hasil Lomba Cerita ini yang penilainnya dilakukan oleh Tim yaitu Endang Widowati,S.Pd, M.Pd, Junet, dan Heri Pujiyanto,S.Pd.M.Si. , memutuskan tiga peringkat juara yaitu :

Juara I Farah Arista Manda dari SD N 1 Jaraksari
Juara II Agistina Chasanah SD N 4 Wonosobo
Sifaul Khoiriyah dari SD N 2 Banyumudal

Selain menghasilkan anak-anak yang berbakat, lomba cerita kali ini mempunyai aura yang berbeda dengan munculnya karya-karya baru skrip cerita yang bernafaskan budaya lokal Wonosobo. Cerita-cerita tersebut antara lain Bambu Rengkol Dari Kalilusi Sapuran, Legenda Kalibawang, Legenda Telaga Menjer, dan Legenda Tari Lengger yang dibawakan oleh Farah Arista Mandala yang memenangkan lomba cerita ini.

Perkembangan ini sangat membanggakan karena beberapa tahun terakhir minat penggalian sejarah dan budaya lokal dalam bentuk literatur sangat kurang, maka dengan adanya banyak skrip cerita legenda bertema lokal Wonosobo diharapkan akan tergali banyak cerita yang dapat menjadi referensi dan teladan bagi masyarakat Wonosobo khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar