Minggu, 27 Januari 2013

PELATIHAN PENGENALAN TI BAGI PENGURUS PERPUSTAKAAN


Dalam usaha meningkatkan kapasitas pengurus perpustakaan khususnya bagi perpustakaan yang berprestasi, Perpustakaan Kabupaten Wonosobo mengadakan pelatihan pengenalan teknologi informasi yang diselenggarakan pada Tanggal 16 s/d 17 Januari 2013 di Ruang TI Perpustakaan Kabupaten Wonosobo.

Acara diawali dengan pembekalan oleh Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo Drs. Suharna,M.M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini selain meningkatkan kapasitas pengurus perpustakaan juga diharapkan menambah kredit poin penilaian lomba bagi perpustakaan yang akan maju mewakili Kabupaten Wonosobo di jenjang yang lebih tinggi dan mempertahankan prestasi yang telah diraih Kabupaten Wonosobo selama ini. Selain mengukir prestasi, perpustakaan harus juga mampu untuk memberikan kontribusi nyata kepada peningkatan sumber daya masyarakat. Pada kesempatan ini juga diutarakan agar perpustakaan mencoba secara aktif untuk bekerja sama dengan para guru dalam sosialisasi, promosi, maupun pengadaan bahan pustaka.

Dalam pelatihan ini diberikan dasar-dasar tentang pengertian soft ware dan hardware serta bagaimana mengkoneksi semua kabel agar komputer dapat berfungsi. Selain itu juga diberikan pelatihan tentang penggunaan e mail, jejaring sosial, browsing internet, dan pembuatan blog. Khusus pembuatan blog menjadi penekanan dengan pemberian workshop singkat agar peserta pelatihan dapat membangun blog perpustakaan masing-masing sehingga menambah promosi, sosialisasi, dan daya jangkau penyebaran ilmu. Setelah pelatihan ini , Perpustakaan Kabupaten Wonosobo tetap membina dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi peserta pelatihan untuk berkonsultasi setiap saat tentang segala hal pernik teknologi informasi khususnya dalam membangun sebuah blog.

Pada kesempatan ini juga hadir dari Coca Cola Foundation dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan pelatihan TI dimana pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari Program Perpuseru kerja sama Perpustakaan Kabupaten Wonosobo dengan Coca Cola Foundation. Untuk kedepan akan ada pelatihan atau workshop sejenis dengan target peserta yang berbeda. Pelatihan TI ini secara umum diharapkan mampu membawa perpustakaan sebagai pusat kegiatan keilmuan masyarakat khususnya di Kabupaten Wonosobo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar