Senin, 28 Januari 2013

WORKSHOP CERPEN OLEH MARIA BO NIOK



Dalam rangka pelaksanaan rangkaian kegiatan ulang tahun ke-23 Perpustakaan Kabupaten Wonosobo Tanggal 11 Maret 2013 dan Tirto Utomo Award IV, Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan Yayasan Tirto Utomo menyelenggarakan Workshop Penulisan Cerita Pendek yang diselenggarakan pada Tanggal 28 Januari 2013 di Ruang Audio Visual Perpustakaan Kabupaten Wonosobo. Acara ini dihadiri oleh penulis cerpen dan novel asal Kabupaten Wonosobo Maria Bo Niok sebagai narasumber dan 50 peserta workshop yang berasal dari Perpustakaan Desa dan Perpustakaan Sekolah.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo Drs. Suharna,M.M.Pd didampingi oleh para pejabat struktural di Perpustakaan Kabupaten Wonosobo. Dalam sambutannya, Drs. Suharna,M.M.Pd menyatakan sangat menyambut baik diselenggarakannya acara tersebut dikarenakan dengan munculnya budaya menulis akan berakibat pula tumbuhnya semangat minat baca di Kabupaten Wonosobo.

Maria Bo Niok dalam kesempatan ini memberikan banyak masukan kepada peserta workshop untuk terus berkarya. Untuk dapat sebuah tulisan termuat pada suatu media dibutuhkan semangat tinggi dan pantang menyerah, menulis yang banyak dan kirimkan ke media. Selain itu untuk dapat menilai karya sendiri dibutuhkan pula peran teman untuk dapat menilai hasil karya penulis. Saran dan tanggapan mereka menjadikan kritik dan masukan untuk memperbaiki penulisan. Maria Bo Niok juga mengatakan bahwa pada awalnya sering tidak percaya diri terhadap tulisannya, namun setelah muncul di media dan di baca ulang ternyata menimbulkan kesenangan terhadap tulisan sendiri.

Setelah paparan dari Maria Bo Niok, juga diberikan motivasi menulis cerpen dalam rangka persiapan Lomba Cerpen Tirto Utomo Award IV oleh Ripto Hartanto dari Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo. Dalam sesi ini difokuskan untuk menggali inspirasi menulis  dan memberikan kisi-kisi kriteria penilaian lomba cerpen Tirto Utomo Awards IV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar