Selasa, 04 Maret 2014

EKSEBISI MUSIUM MINI DI PERPUSTAKAAN WONOSOBO



Dalam rangkaian kegiatan  Pameran Buku Gramedia di Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo diselenggarakan eksebisi musium mini yang didukung oleh GKJ Wonosobo, MSK Pesanggrahan, dan Wonosobo Asribition.

Dalam musium ini ditampilkan koleksi buku-buku kuno Berbahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan juga berbahasa asing seperti Bahasa Arab dan Belanda. Terdapat juga kitab berbahasa Arab dengan tulisan tangan yang sudah berumur lebih dari 100 tahun.

Beberapa koleksi tosan aji juga turut serta memperkaya khasanah musium mini ini dengan ditampilkan beberapa jenis tosan aji seperti keris, katana, cakra,kujang, dan lain sebagainya. Yang menarik juga dipamerkan Kitab Stambul yaitu Kitab Al Quran yang hanya berukuran kurang lebih 3 X 2 cm.

Selanjutnya dari Wonosobo Asribition memamerkan karya grafiti mereka. Kreatifitas mereka patut mendapat apresiasi dimana diharapkan kedepan seni grafiti ini lebih dapat berkembang dan mempunyai nilai seni yang mampu memberikan kontribusi “harga seni” bagi kreatornya.

Semangat dari diadakannya musium mini ini adalah keinginan dari beberapa eleman masyarakat untuk memberikan dorongan moral kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo agar dapat segera mulai melaksanakan rintisan pendirian musium di Kabupaten Wonosobo. Saat ini ditengarai banyak kekayaan seni budaya Kabupaten Wonosobo yang tersimpan di kolektor dan musium diluar Wonosobo dikarenakan tidak adanya tempat secara terkoordinasi dalam penyimpanan maupun perawatan seperti yang dilakukan disebuah musium.

Musium mini ini direncanakan akan dipamerkan di Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo sampai dengan Tanggal 16 Mei 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar