Selasa, 18 Juni 2013

PELATIHAN ADVOKASI BAGI STAKE HOLDER PERPUSTAKAAN




Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo bekerja sama dengan Coca Cola Foundation kembali mengadakan pelatihan capacity building bagi para stake holder perpustakaan pada Tanggal 11 Juni 2013 sampai dengan 13 Juni 2013 yang lalu di Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan Perpuseru dalam usaha untuk lebih memajukan perpustakaan di Kabupaten Wonosobo.

Peserta pelatihan ini meliputi para para stake holder perpustakaan seperti pengurus perpustakaan desa, LAG, pemerhati perpustakaan, dan SDM Kantor Perpustakaan Kabupaten Wonosobo. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan stake holder perpustakaan dalam usaha untuk mencari dana dengan cara loby maupun dengan beragam strategi ,baik dana dari pemerintah maupun pihak lain. Dana ini tentunya dipergunakan untuk menghidupkan dan meningkatkan performa perpustakaan.

Dalam pelatihan ini diadakan pelatihan melakukan perencanaan yang baik serta melakukan simulasi advokasi. Sebagai narasumber dipandu dari Tim Coca Cola Foundation dan penambahan materi dari Bappeda Kabupaten Wonosobo. Dari diskusi dengan Bappeda Kabupaten Wonosobo muncul suatu tantangan bagi stake holder perpustakaan untuk tidak bergantung kepada dana pemerintah karena dana pemerintah khususnya APBD sangat terbatas. Butuh keberanian dari stake holder perpustakaan untuk berjuang dan bergerak mencari terobosan dana dari pihak diluar pemerintah.

Out Come dari kegiatan ini adalah munculnya beberapa ide yang akan ditindaklanjuti dalam usaha pengembangan perpustakaan seperti kolaborasi antara perpustakaan dan UMKM sehingga perpustakaan dapat memberikan nilai lebih bagi para pengurusnya dengan mencari celah permodalan baik dari instansi pemerintah terkait ataupun pihak non pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar